Freon AC Mobil : Harga dan waktu ganti yang tepat.

freon ac mobil

Harga dan Tips Ganti Freon AC Mobil

Selain karena prestise dan gengsi, banyak orang berlomba-lomba memiliki mobil adalah karena kenyamanannya saat dikenadarai.

Anda tidak harus kepanasan dibawah terik matahari.

Panas tidak kepanasan, hujan tidak kehujanan. Itulah ungkapan yang sering kita dengar terkait dengan kendaraan roda empat ini.

Hanya saja, terkadang kenyamanan anda mengendarai mobil sedikit terganggu karena AC Mobil sudah tidak dingin. Mungkin disebabkan oleh banyak factor.

Bisa karena kompresor AC yang rusak. Dan mungkin juga karena Freon AC Mobil sudah habis. Atau mungkin karena masalah lainnya.

Jika AC mobil rusak, lebih bagus anda menggunakan Jasa Service AC Mobil dibanding memperbaiki sendiri.

Dan kebetulan pada kesempatan ini kami ingin berbagi informasi terkait dengan AC Mobil. Mulai dari Apa itu Freon, apakah freon bisa habis, kapan harus ganti Freon serta Harga Freon AC Mobil dipasaran.

Kami berharap, dengan tulisan singkat ini. Bisa membantu anda menemukan solusi saat anda menghadapi masalah AC Mobil yang sudah tidak dingin lagi.

Baik, mari kita mulai.

Apa itu Freon AC Mobil

Terkadang, masih ada saja yang bertanya apa itu Freon.

Padahal, menurut kita ini merupakan pengetahuan umum yang selayaknya pemilik mobil tahu. Tapi, kenyataannya seperti diatas. Mereka bingung dan bertanya apa itu Freon.

Baik, coba kita bahas aja.

Freon adalah Senyawa kimia yang digunakan sebagai Fluida pada system AC. Senyawa ini tidak memiliki warna dan juga bau. Dengan bantuan senyawa ini, AC bisa menghasilkan udara yang dingin.

Freon ini tidak saja digunakan pada AC Mobil. Tapi juga pada AC umumnya.

Freon AC Mobil juga bisa habis

Banyak juga yang bertanya, apakah freon AC mobil bisa habis.

Tentu saja. Freon AC Mobil ini bisa saja habis. Sehingga anda harus menggantinya dengan freon yang baru. Sehingga AC anda kembali dingin.

Untuk anda yang belum tahu tanda-tanda Freon AC mobil sudah habis, berikut ini adalah indikasi yang bisa anda perhatikan.

Pertama, AC Tidak dingin

Indikasi pertama adalah ac mobil tidak dingin.

Jika saat anda menghidupkan AC dan menunggu beberapa saat. Tapi, tetap saja kabin mobil tidak berubah menjadi sejuk, ini pertanda ac mobil anda dalam masalah.

Salah satu masalahnya adalah kehabisan Freon.

Kami menyarankan agar anda segera mengeceknya ke bengkel AC Terdekat. Pastikan, apakah freon ac-nya benar sudah habis atau belum.

Jika memang sudah habis, segeralah ganti dengan yang baru.

Kedua, Kompresor AC tidak berputar

Idealnya, ketika AC pertama kali anda hidupkan. Kompresor ini akan berputar.

Namun, terkadang kompresor tidak berputar. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah karena freon AC Mobil yang sudah habis.

Kalau memang sudah habis, segera pergi ke bengkel AC terdekat untuk menggantinya.

Setidaknya itulah indikasi Freon AC Mobil anda sudah habis. Langkah yang paliang bijak untuk memastikan apakah Freon benar-benar habis adalah dengan mengeceknya langsung ke bengkel terdekat. Itulah yang kami lakukan.

Berapa Harga Isi Freon AC Mobil

Jika anda sudah berhasil memastikan bahwa Freon AC Mobil sudah habis, langkah berikutnya adalah menggantinya dengan yang baru.

Masalahnya, tidak semua orang tahu Harga Pasaran Freon AC Mobil.

Jika anda tidak mengetahui harga pasarannya, bisa saja anda dikibulin oleh tukang AC Mobil. Walaupun ini biasanya hanya oknum saja.

Mereka menawarkan harga freon AC Mobil yang tidak masuk akal.

Sebagai gambaran, Harga Freon AC Mobil itu berkisar antara 150 – 250 ribu, untuk AC Mobil yang memili double blower. Bahkan sudah termasuk ganti oli compressor.

Kalaupun beda, mungkin bedanya nggak jauh-jauh amat. Terutama SUV dan MPV, terutma Mobil Honda.

AC Tidak dingin tidak selalu harus ganti Freon

Satu hal yang harus diketahui oleh pemilik mobil.

Ganti Freon Ac bukanlah solusi satu-satunya saat AC Mobil tidak dingin. Karena, tidak dinginnya itu bisa saja disebabkan oleh factor lain.

Seperti filter ac yang kotor atau kipasnya yang memang sudah rusak.a

Cara perawatan AC Mobil

Nah, agar AC Anda tetap dingin dan adem. Tentu langkah paling tepat adalah dengan merawatnya dengan baik. Sehingga tidak perlu ganti Freon terlalu cepat.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk merawat AC Mobil.

Rajin membersihkan Karpet.

Jika ingin AC Mobil anda lebih awet, rajin-rajinlah membersihkan karpet mobil anda. Sehingga debunya tidak berterbangan di Kabin mobil.

Karpet yang berdebu dan kotor bisa membuat udara dalam kabin menjadi kotor. Jika udaranya kotor, maka filter AC harus bekerja lebih keras.

Tentu saja hal ini membuat masa pakai AC anda semakin pendek.

Oleh karenanya, cobah untuk membersihkan karpet mobil sesering mungkin. Terutama jika anda sering mengangkut penumpang.

Parkir mobil ditempat teduh

Memarkir mobil ditempat panas bukan saja berdampak pada cat mobil. Tetapi, juga akan berakibat pada kinerja AC Mobil anda saat dinyalakan.

Saat mobil anda parkir dibawah terik matahari langsung, membuat kabin mobil menjadi sangat panas. Jika anda menghidupkan AC Mobil pada kondisi ini.

Tentu saja pekerjaan ac mobil menjadi lebih berat.

Jadi, jika memungkinkan carilah parkir mobil yang teduh dan tidak dibawah terik matahari secara langsung. Karena berdampak pada kinerja AC Mobil anda.

Tidak merokok didalam mobil

Untuk tips yang ketiga ini jarang sekali yang sadar.

Penulis seringkali melihat sopir dan penumpang merokok dalam mobil. Padahal, perilaku seperti ini tidak saja berdampak pada penumpang lain.

Tapi juga pada kinerja AC Mobil untuk jangka Panjang.

Jika anda ingin merokok, cobalah untuk merokok setelah keluar dari Mobil. Ini lebih baik dibandingkan merokok dalam kabin mobil.

Karena asap rokok merupakan salah satu produk yang bisa membuat AC cepat rusak.

Pastikan AC Mobil mati saat mesin dinyalakan

Tidak banyak  pemilik yang sadar, bahwa menghidupkan AC saat mesin dinyalakan akan berdampak pada AC Mobil anda.

Bisa AC yang rusak atau bisa juga pengaruh pada AKI Mobil.

Oleh karenanya, jangan kpa untuk mematikan AC Mobil saat akan dakan menyalakan mobil pertama kali. Setelah Mobil menyala, barulah hidupkan AC anda.

 Jangan menghidupkan AC Terus menerus

Terkadang, karena cuaca terlalu panas. Kita menghidupkan AC Mobil nonstop.
Padahal, perilaku seperti ini tidak bagus untuk AC.

Sangat disarankan agar mematikan AC beberapa saat setelah anda menghidupkannya dalam jangka waktu yang lama. Terutama saat perjalanan Panjang.

Selain membuat kinerja AC Menurun, menghidupkan ac terus menerus juga membuat AC menjadi membeku, sehingga memicu kerusakan.

Nah, itulah pembahasan singkat kami terkait dengan AC Mobil, Freon AC Mobil, apakah perlu ganti Freon atau tidak. Termasuk Harga Freon Mobil di pasaran.

Kami berharap, tulisan singkat ini bisa membantu teman-teman untuk menjaga AC Mobil agar lebih awet dan tahan lama.

Dan yang paling penting, AC-nya dingin dan adem.

Baik, mudah-mudahan bermanfaat.
Terima kasih.

Leave a Reply