Mengenal Ethereum, pemula harus baca ini

Mengenal ethereum untuk pemula

Jika Anda pernah mendengar mata uang bitcoin, Anda mungkin juga pernah dengar tentang ethereum.

Bitcoin dan ethereum merupakan dua aset berbeda. Jika bitcoin dibangun serta didukung teknologi blockchain, ethereum didukung oleh sistem global node.

Node adalah program atau perangkat yang melakukan komunikasi dengan jaringan ethereum.

Ethereum pertama kali ditemukan pada tahun 2014 oleh Vitalik Buterin ketika masih berusia 19 tahun.

Ia telah tertarik pada cryptocurrency dan blockchain yang menjadi teknologi penyokong bitcoin sejak usia 17 tahun. Ini adalah alamat website resmi dari Ethereum Dunia, www. ethereum.org

Saat teknologi bockchain mengalami peningkatan pesat, ada banyak proyek baru yang melakukan pembuatan blockchain nya sendiri.

Namun saat itu belum ada platform yang mampu menyediakan wadah agar proyek blockchain berkembang lebih mudah pada platform tersebut. Apalagi ada banyak ruang untuk berkembang pada teknologi tersebut, menjadikan Vitalik melihat peluang untuk membuat platform teknologi blockchain ethereum.

Menariknya, bagi anda yang berada di Indonesia. Sudah bisa membeli Ethereum Indonesia di beberapa merchant yang sudah pernah kami bahas, salah satunya adalah Tpro.co.id

Lihat Dafatr Harga Bitcoin dan Ethereum

Name Price
Bitcoin (BTC)
Rp845,415,448.09
Ethereum (ETH)
Rp68,149,018.35
Bitcoin Cash (BCH)
Rp8,397,897.74

Note : Harga diatas akan kami update 1 x 24 jam.

Blockchain merupakan tenologi yang juga mendasari ethereum. Tenologi ini dapat digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang dilakukan oleh setiap pengguna yang terhubung pada blockchain.

Blockchain mampu melacak semua transkasi yang dibuat serta diverifikasi, dan menciptakan rangkaian blok data tanpa berhenti. 

Teknologi blockchain tidak diciptaan ethereum, tetapi diciptakan oleh bitcoin. Sedang ethereum yang meningkatkan serta memanfaatkan teknologi tersebut dengan luar biasa.

Maka teknologi blockchain ethereum ini disebut juga dengan blockchain 2.0.

Apa yang membedakan antara keduanya? Yaitu adanya dua fitur utama yang ditawaran oleh ethereum yaitu smart contract dan Dapp.

Smart contract merupakan fitur dimana transaksi hanya bisa dilakukan ketika memenuhi suatu kondisi.

Sedangkan fitur Dapp merupakan singkatan dari decentralized application yang artinya aplikasi terdesentralisasi. Fitur Dapp tidak mempunyai server sentral sebab berada pada jaringan blockchain.

Saat ini ethereum telah memiliki kapitalisasi pasar hingga $21 miliar pada tanggal 21 November 2018, sejak didirikannya.

Ethereum juga berada di peringkat kedua dibandingkan seluruh cryptocurrency di dunia, dengan peringkat pertama diduduki bitcoin dengan jumlah kapitalisasi pasar sebanyak $111 miliar.

Ethereum mampu membantu para developer yang hendak memaai teknologi blockchain untuk membangun ataupun menjalankan proyek memakai platform blockchain ethereum.

One comment

Leave a Reply