Entrepreneur

5 Persiapan sebelum menjadi seorang Entrepreneur

Tips untuk calon Entepreneur

Menjadi pengusaha adalah pilihan luar biasa dan berani yang perlu kita pilih jika kita ingin mendapatkan kebebasan finansial.

Tanpa menjadi seorang pengusaha, tentulah kita akan sulit mencapai yang namanya kebebasan finansial. Sebab dengan menjadi seorang pengusaha, kita tak ada batasnya.

Namun tentu taklah semudah membalik telapak tangan untuk jadi seorang entrepreneur, butuh kerja keras, bantuan Allah dan ikhlas.

Bicara soal wirausaha, lalu apa sajakah yang harus dipersiapkan untuk bisa menjadi seorang pengusaha.

Punya Keinginan

Innamal A’malu Binniyat, kalau niatnya baik maka mudah-mudahan kita juga dapat baik. Untuk bisa jadi seorang pengusaha kita perlu punya niat yang kuat.

Dengan niat yang kuat, jelas kita akan siap bekerja keras. Buah dari niat yang sungguh-sungguh adalah semangat, kemauan dan kerja keras. Untuk itu pastikan niat Anda benar-benar yakin “saya mau jadi pengusaha”

Katakan hal tersebut dan yakinkan pada diri Anda terus menerus, tanamkan benih di pikiran Anda bahwa Anda benar-benar ingin menjadi pengusaha.

Selain itu, anda juga memiliki tujuan yang jelas. Karena memulai usaha tanpa tujuan yang jelas tidak akan membawa anda kemana pun.

Anda bisa melihat tulisan yang menjelaskan tentang pentingnya tujuan dalam sebuah bisnis. Lihat disini.

Berani dan Fokus

Pernah dengar ungkapan keajaiban berpihak kepada mereka yang berani?

Dan memang hal tersebut benar bahwa kebaranian sangat diperlukan untuk terjun ke dalam bisnis. Nah bagaimana mendapatkan keberanian? Caranya adalah dengan melakukan.

Kemudian yang perlu dimiliki adalah fokus. Fokuslah pada keberhasilan Anda, jangan mudah goyah bila ada sesuatu yang kurang mendukung Anda.

Mungkin lingkungan sekitar tidak mendukung, atau orang-orang meragukan pada keberhasilan Anda jangan pedulikan itu. Katakan pada diri Anda memang aku sekarang belum berhasil tapi lihat saja nanti.

Kita hidup bukan hanya untuk menang hari ini, tapi juga untuk menang di masa depan. Bila kita tak fokus , kita akan mudah salah dalam melakukan suatu tindakan.

Punya Kemampuan

Kalau anda tak punya kemampuan apa yang mau kita tukar. Meskipun Anda tak bisa membuat produk, tapi kalau Anda bisa memasarakannya maka Anda bisa membuat bisnis di bidang pemasaran produknya.

Ada istilah yang mengatakan bahwa keahlian tak bisa kita beli. Hanya bisa kita dapatkan dengan belajar. Untuk itu pastikan Anda punya kemampuan di bidang yang akan jadi lahan bisnis Anda.

Akan lebih baik bila Anda bisa berbisnis di bidang yang memang menjadi hobi atau keterampilan Anda. Sebab disanalah Anda akan menemukan passions. Sukses berawal dari passions.

Pada era ini, salah satu sklill yang wajib anda pelajari adalah Pemasaran online. Mulai dari SEO, Facebook Ads, Instagram Ads, Marketplace dan lain sebagainya.

Dengan menguasai skill penting tersebut, tentu saja akan memberikan anda kesempatan sukses yang lebih besar.

Dekat dengan Sang Khaliq

Kalau mau sukses, sadarilah kehadiran Sang Khaliq dalam hidup Anda. Berdoalah supaya selalu diberi kekuatan dan izin-Nya supaya Anda bisa membahagiakan orang lain lewat bisnis Anda.

Setiap hari berdoalah dan mohon izin-nya agar diberi izin untuk mengunduh rezeki-Nya, mudah-mudahan dengan doa kita jadi lebih mudah menjalani kehidupan ini.

Tapi doa saja jelas tak cukup, butuh usaha. Usaha tanpa doa itu sia-sia, dan doa tanpa usaha apalagi :).

Tidak Takut Gagal

Jika Anda diberi 1000 hal. Yakni 900 kegagalan, dan 100 keberhasilan. Anda mau habiskan yang mana dulu?

Sebagian besar orang akan memilih menghabiskan 900 kegagalannya dulu kan? prinsip itu juga perlu kita pegang sebagai seorang wirausaha.

Kita tak boleh takut gagal, orang yang tak pernah gagal biasanya adalah orang yang tak pernah mencoba. Lebih baik kita gagal dulu 900 kali baru nanti kita menikmati 100 keberhasilan sebagai upah kita.

Seorang pengusaha adalah seorang yang berani mengambil resiko. Mereka tidak takut gagal. Itulah yang dilakukan oleh teman-teman yang sedang menekuni model bisnis seperti Crypto Currency.

Jadi mulai sekarang sebagai orang yang akan jadi wirausahawan kita tak boleh takut gagal. Dengan kegagalan itu mungkin saja ada yang bisa kita ambil hikmahnya.

Jadi jangan jadikan rasa takut gagal sebagai alasan tak untuk mencoba, tapi jadikanlah rasa takut gagal itu menjadi semangat supaya Anda terus bekerja keras dan berinovasi. Kalau gagal?Gak apa-apa ambil aja hikmahnya.

Itulah 5 hal yang perlu dipersiapkan bila kita ingin menjadi seorang pengusaha. Jadi sebenarnya tak ada alasan bagi kita untuk tak memulai berbisnis.

Di mana ada kemauan di situ ada jalan, dan ingat cara terbaik untuk mulai adalah memulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *