4 Tips simpel cara memilih nama domain yang tepat

nama domain cantik

Cara memilih nama domain untuk pemula

Banyak yang bilang kalau membuat website sendiri itu mudah. Lagipula, saat ini sudah banyak sekali blog yang membahas bagaimana membuat website sendiri.

Katanya, salah satu tempat belajar cara membuat website yang mudah dipahami dan dipraktekan oleh pemula adalah Kaffah Academy. Mungkin anda bisa mengunjunginya untuk memastikan.

Nah, dari banyak langkah-langkah cara membuat website. Langkah awal yang cukup banyak menyita waktu para pemula adalah memilih dan menentukan nama domain. Padahal, bagian ini seharusnya bisa dilakukan dengan mudah.

Jika anda adalah salah satunya. Mungkin tulisan singkat kami ini bisa membantu anda dalam menentukan nama domain yang tepat. Kami tidak bilang domain bagus karena bagus atau tidaknya tergantung selera pemilik domainnya.

Ada banyak hal yang harus anda pertimbangkan saat ingin memilih nama domain dan kemudian mendaftarkan domain tersebut ke penyedia domain. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

Nama domain yang pendek

Kami menyarankan agar anda tidak mendaftarkan nama domain yang terlalu Panjang. Sehingga menyulitkan orang untuk mengingat dan menuliskannya.

Jumlah kata yang cukup ideal untuk nama domain yang bagus adalah antara 1 sampai 3 kata saja. Jika memungkinkan dan mampu mewakili brand atau bisnis yang akan anda masuki, bisa anda daftarkan 1 kata saja.

Salah satu nama domain yang 1 kata adalah azhima.id, sedangkan nama domain dengan 2 kata adalah Meetblogger.id. Sejauh ini, kami tidak memiliki nama domain yang lebih dari 2 kata.

Intinya, pilihlah nama domain yang pendek sehingga mudah di ingat dan dituliskan.

Mudah dieja dan diucapkan

Kriteria penting berikutnya yang perlu anda pertimbangkan saat akan mendaftarkan nama domain adalah mudah dieja dan diucapkan.

Domain yang mudah dieja akan membantu orang untuk mengingatnya dengan mudah. Termasuk akan memudahkannya untuk menuliskannya di address bar browser anda. Sedangkan domain yang mudah diucapkan akan memudahkannya untuk dipromosikan secara off-line.

Trik yang perlu anda perhatikan saat mendaftarkan nama domain agar mudah dieja dan diucapkan adalah dengan tidak menggabungkan huruf konsonan secara bersamaan.

Contoh nama domain yang sulit diucapkan adalah : shkot.com. Sedangkan nama domain yang mudah diucapkan adalah : dirham.id

Jadi, setiap kali anda ingin mendaftarkan nama domain. Ingatlah kaidah yang kami berikan ini.

Mewakili brand / topik website anda.

Saat anda ingin membuat website ataupun blog. Tentu saja ada topik yang ingin anda angkat. Apakah tentang bisnis, teknologi, lifestyle dan lain sebagainya.

Sehingga disarankan agar anda bisa menyesuaikan nama domain dengan topik yang akan diangkat. Jika topiknya campuran, maka kami menyarankan agar anda memilih nama domain dengan 1 kata yang umum.

Contoh nama domain yang menurut kami sangat umum adalah meetblogger.id sehingga bisa digunakan untuk menulis berbagai topik yang menarik.

Sedangkan nama domain yang mewakili topik tertentu adalah mudapreneur.com. Nama domain sekilas memiliki topik terkait dengan entrepreneurship. Tentang wirausaha.

Anda juga bisa menggunakan nama pribadi untuk website yang umum. Contoh nama domain dengan nama pribadi adalah azhima.id. Dengan nama pribadi ini, anda bisa mengangkat berbagai topik pada satu website yang sama.

Memilih Extensi domain yang popular

Selain memilih nama domain yang tepat. Anda juga disarankan agar memilih extensi domain yang popular dan sudah lazim dikenal masyarakat. Seperti .com, .org dan .net serta .id

Sedangkan untuk extensi domain yang belum popular seperti .co, .me, .biz dan lain sebagainya sebaiknya anda anda hindari dulu jika masih ada pilihan extensi popular.

Memilih extensi yang tepat tidak saja bagus untuk membangun brand anda. Tetapi juga akan membantu anda dari sisi SEO. Karena rata-rata website yang masuk halaman 1 Google biasanya adalah domain yang memiliki extensi .com, .id dan lain sebagainya.

Setidaknya itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat akan memilih dan mendaftarkan nama domain di registrar. Salah memilih nama domain akan berdampak cukup signifikan terhadap kesuksesan anda dalam menjalankan website bisnis tersebut nantinya.

Kami harap, panduan singat terkait dengan cara memilih nama domain ini bisa membantu anda semua dalam memilih nama domain yang tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *